DetikSR.Id LUBUKLINGGAU -Pemerintah Kota Lubuk Linggau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan ruang ( PU-PR ) terus berupaya meningkatkan kenyamanan dan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya terkait pelayanan ditingkat kelurahan yakni kantornya.
Kantor kelurahan adalah lembaga pemerintahan di tingkat kelurahan, merupakan unit terkecil dalam struktur pemerintahan di Indonesia. Kantor kelurahan berfungsi sebagai pusat pelayanan administrasi kepada masyarakat di wilayah kelurahan tersebut, adapun pelayanan yang didapat dari lembaga pemerintah tingkat kelurahan tersebut bagi masyarakat seperti pelayanan administrasi, pelayanan kesejahteraan sosial, penyuluhan, serta koordinasi keamanan dan ketertiban wilayah. Hubungan antara masyarakat dan perangkat kelurahan adalah bagian penting dari tata kelola pemerintahan di tingkat kelurahan, hubungan yang baik dan efektif antara masyarakat dan perangkat kelurahan dapat meningkatkan kualitas layanan publik, memperkuat kepercayaan, dan mendukung pembangunan yang lebih inklusif dan berkelanjutan di tingkat kelurahan tersebut.
Untuk memastikan hal tersebut dapat berjalan dengan baik, maka perlu didukung dengan tersedianya prasarana infrastruktur yang baik di tempat terlaksananya pelayanan publik di kelurahan. Infrastruktur tersebut salah satunya adalah kantor kelurahan yang berstandarisasi dan representatif yang memenuhi berbagai kriteria untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat serta mencerminkan kualitas dan profesionalisme pemerintahan di tingkat kelurahan.
Dalam hal mendukung terciptanya infrastruktur yang berstandar dan representatif di perangkat kelurahan dalam Kota Lubuk Linggau, Pemerintah Kota Lubuk Linggau padat tahun 2024 ini melakukan Renovasi terhadap beberapa kantor Pemerintahan, salah satunya adalah Renovasi Kantor Lurah Wirakarya Kecamatan Lubuk Linggau Timur II Kota Lubuk Linggau.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Lubuk Linggau Achmad Asril Asri, ST, M.Si Melalui Kepala Bidang Cipta Karya Ir. H. Taufik Q, ST, MT kepada media terbitan Nasional Detik Suara Rakyat, Kamis(12/09/2024) menjelaskan, pada tahun 2024 ini, Pemerintah Kota Lubuk Linggau telah menganggarkan renovasi Kantor Lurah Wirakarya .
Renovasi untuk kantor lurah di dalam Kota Lubuk Linggau ini dilakukan secara bertahap, dilakukan penanganan terhadap kantor lurah yang prioritas untuk dilakukan renovasi dan insyaAllah tetap dilanjutkan kepada kantor-kantor lurah yang lainnya pada tahun anggaran selanjutnya.
“Alhamdulilah, tahun ini ada beberapa renovasi terhadap bangunan gedung perkantoran pemerintah antara lain beberapa kantor camat dan kelurahan, untuk kantor lurah salah satu yang kita renovasi yaitu kantor lurah wirakarya, seperti kita ketahui kantor lurah wirakarya ini sejak berdirinya Kota Lubuklinggau sampai sekarang belum pernah dilakukan renovasi, keadaan bangunan sudah tidak layak untuk dilakukan kegiatan pelayanan publik. Sehingga tahun ini kita prioritaskan untuk dilakuan renovasi total sehingga Kantor Lurah Wirakarya tersebut akan lebih baik dan representatif sebagai bangunan pemerintahan yang memberikan pelayanan kepada Masyarakat Kota Lubuk Linggau”.
Ia menjelaskan Renovasi kantor lurah akan menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat dan produktif. Fasilitas yang memadai, seperti ruang kerja yang nyaman, fasilitas sanitasi yang baik, serta ruang tunggu yang nyaman bagi masyarakat. Lingkungan kerja yang sehat dan kondusif ini pada akhirnya akan berkontribusi pada produktivitas dan kepuasan kerja pegawai, yang berdampak positif pada kinerja pelayanan publik secara keseluruhan. Ir. H. Taufik Q,ST, MT juga menjelaskan, bahwa pembangunan ini telah dimulai sejak penandatanganan kontrak pada tanggal 10 Juli 2024 yang lalu dengan nilai Kontrak sebesar Rp.1,3 Miliar.
Pelaksanaan renovasi ini dilakukan oleh Penyedia Jasa CV. ARI JAYA dan direncanakan selesai pada akhir bulan Desember 2024 ini. Untuk Progres pelaksanaan dilapangan, saat ini masih dalam proses renovasi dimana bobot kurang lebih sudah sekitar 20 (dua puluh) persen. Taufik Qurrahman, ST, MT juga menerangkan lingkup pekerjaan yang dilakukan adalah renovasi total dengan ukuranan bangunan 154 m2, dikarenakan lokasi eksisting yang ada memiliki kontur tanah yang menurun dari level jalan maka kantor lurah tersebut didesain dua tingkat yang mana untuk tingkat bawah sebagai lokasi aula dan tingkat atas untuk ruang kantor dan pelayanan.
“ Diharapkan pekerjaan Renovasi Kantor Lurah Wirakarya ini dapat selesai tepat waktu, sesuai dengan spesifikasi pekerjaan yang ada sehingga menciptakan sarana dan prasarana penyelenggara tugas pemerintah daerah yang representatif serta memenuhi keselamatan bangunan yang akhirnya dapat meningkatkan kinerja perangkat pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat Kota Lubuk Linggau “, pungkasnya. (Rif).